HOME
Home » Tribun » Wisman Rayakan Imlek di Manado: Turis Tiongkok ‘Sumbang’ Rp 28 Miliar – Berita Terbaru

Wisman Rayakan Imlek di Manado: Turis Tiongkok ‘Sumbang’ Rp 28 Miliar – Berita Terbaru

Posted at February 15th, 2018 | Categorised in Tribun

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Tahun Baru Imlek 2569 membawa berkat bagi Sulawesi Utara. Miliaran rupiah uang masuk ke daerah dari sektor wisata.

Wisatawan yang didominasi turis Tiongkok rata-rata menghabiskan Rp 1 juta saat berlibur di Nyiur Melambai.

Data yang dikutip dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, untuk tahun 2017 ada 8.587 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke daerah ini (lihat grafis).

Dari jumlah itu, ada 7.208 wisman (83,9 persen) asal Tiongkok.

Berarti ada Rp 7,2 miliar uang wisman asal Tiongkok dihabiskan di Sulut setiap harinya, estimasinya tiap orang menghabiskan Rp 1 juta.

Jika seorang turis tinggal selama empat haru (sesuai data tingkat okupansi hotel), total Rp 28,8 miliar uang yang dibelanjakan di daerah ini.

Menjelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Jumat 16 Februari 2018 kalender Masehi, banyak wisman yang mengunjungi Sulut termasuk Kota Manado.

Klenteng Kwan Kong Manado
Klenteng Kwan Kong Manado (TRIBUNMANADO/WARSTEFF ABISADA)

Di Klenteng Kwan Kong misalnya, setiap hari ada kurang 100 turis yang singgah. Setelah tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, mereka langsung ke klenteng ini.

“Hampir setiap hari ada turis yang berkunjung ke sini. Terbanyak berasal dari Tiongkok yang berkunjung pada pagi hari,” kata Johan Rawung, Wakil Ketua Klenteng Kwan Kong, Kamis (15/2/2018).

Ada wisman yang ingin menikmati keindahan wisata di daerah ini dan ada juga yang sampai berdoa khusus. “Turis asal Tiongkok yang datang ke sini, ada yang berdoa. Mereka memasang dupa di klenteng,” ujar Johan.

Membludaknya kunjungan wisman dari Tiongkok pada perayaan Tahun Baru Imlek, berdampak positif bagi kemajuan daerah.

“Dengan banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Sulut, maka perekonomian masyarakat di daerah ini menjadi lebih maju,” kata Chrisnaldus Roring, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata, Kamis kemarin.



Source

Tags :

Related Post to Wisman Rayakan Imlek di Manado: Turis Tiongkok ‘Sumbang’ Rp 28 Miliar – Berita Terbaru

Waspada, Inilah Virus Mematikan yang Berpotensi Mengancam Dunia, Perhatikan Gejalanya – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

TRIBUNPEKANBARU.COM– Serangan virus mematikan kembali mengancam kita. Virus langka bernama Nipah ini dianggap sebagai virus yang berbahaya karena belum ada obat maupun vaksin yang... Read More

Bantuan Pangan Non Tunai Dimulai di Abdya, Penerima Capai 12.035 Keluarga – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya),... Read More

Dewa Alit Tampilkan Kebyar Baru Bersama Gamelan Salukat – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

TRIBUN-BALI.COM – Sebuah pertunjukan new music kembali diselenggarakan di Bentara Budaya Bali (BBB). Komposer Dewa Alit bersama Gamelan Salukat akan mempresentasikan sejumlah komposisi sebagai upaya pembacaan atas... Read More

Hasil Sidak TPID di Tiga Pasar di Solo, Banyak Komoditas Turun Harga – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Surakarta kembali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok... Read More

Suasana Panik Para Pasien dan Perawat saat Ada Kebakaran di RSUD Bangil – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

SURYAMALANG.COM, PASURUAN – Rudi, salah satu pegawai RSUD Bangil yang paling repot saat api melalap sebuah gudang penyimpan barang bekas di RSUD Bangil, Pasuruan, Rabu... Read More