HOME
Home » Tribun » Wisman Rayakan Imlek di Manado: Turis Tiongkok ‘Sumbang’ Rp 28 Miliar – Berita Terbaru

Wisman Rayakan Imlek di Manado: Turis Tiongkok ‘Sumbang’ Rp 28 Miliar – Berita Terbaru

Posted at February 15th, 2018 | Categorised in Tribun

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Tahun Baru Imlek 2569 membawa berkat bagi Sulawesi Utara. Miliaran rupiah uang masuk ke daerah dari sektor wisata.

Wisatawan yang didominasi turis Tiongkok rata-rata menghabiskan Rp 1 juta saat berlibur di Nyiur Melambai.

Data yang dikutip dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, untuk tahun 2017 ada 8.587 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke daerah ini (lihat grafis).

Dari jumlah itu, ada 7.208 wisman (83,9 persen) asal Tiongkok.

Berarti ada Rp 7,2 miliar uang wisman asal Tiongkok dihabiskan di Sulut setiap harinya, estimasinya tiap orang menghabiskan Rp 1 juta.

Jika seorang turis tinggal selama empat haru (sesuai data tingkat okupansi hotel), total Rp 28,8 miliar uang yang dibelanjakan di daerah ini.

Menjelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Jumat 16 Februari 2018 kalender Masehi, banyak wisman yang mengunjungi Sulut termasuk Kota Manado.

Klenteng Kwan Kong Manado
Klenteng Kwan Kong Manado (TRIBUNMANADO/WARSTEFF ABISADA)

Di Klenteng Kwan Kong misalnya, setiap hari ada kurang 100 turis yang singgah. Setelah tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, mereka langsung ke klenteng ini.

“Hampir setiap hari ada turis yang berkunjung ke sini. Terbanyak berasal dari Tiongkok yang berkunjung pada pagi hari,” kata Johan Rawung, Wakil Ketua Klenteng Kwan Kong, Kamis (15/2/2018).

Ada wisman yang ingin menikmati keindahan wisata di daerah ini dan ada juga yang sampai berdoa khusus. “Turis asal Tiongkok yang datang ke sini, ada yang berdoa. Mereka memasang dupa di klenteng,” ujar Johan.

Membludaknya kunjungan wisman dari Tiongkok pada perayaan Tahun Baru Imlek, berdampak positif bagi kemajuan daerah.

“Dengan banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Sulut, maka perekonomian masyarakat di daerah ini menjadi lebih maju,” kata Chrisnaldus Roring, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata, Kamis kemarin.



Source

Tags :

Related Post to Wisman Rayakan Imlek di Manado: Turis Tiongkok ‘Sumbang’ Rp 28 Miliar – Berita Terbaru

Pelatih PSMS Medan Cari Tiga Pemain Pemain Lokal Berusia di Bawah 23 Tahun – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Memantapkan komposisi pemain menghadapi gelaran Liga 1, Pelatih PSMS Medan, Djajang Nurdjaman mengatakan masih... Read More

Sesi Latihan Pramusim, Maverick Vinales Kurang Puas dengan Stelan Mesin – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

TRIBUNBATAM.id – Pebalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, kapok dengan setelan terakhir yang dicobanya pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (18/2/2018).... Read More

Tak Jelas Aturan Kampanye, Kontestan Pilkada Kabupaten Madiun Belum Serahkan Bahan Kampanye – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

SURYA.co.id | MADIUN – Hingga batas akhir waktu penyerahan desain bahan kampanye (BK), pasangan Cabup dan Cawabup Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari... Read More

KPU Jakarta Selatan Seleksi Anggota PPS – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan mengadakan seleksi tertulis calon Anggota PPS Pemilu 2019 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan,... Read More

Kecelakaan Mengerikan Terjadi di Sekolah Malaysia, Seorang Siswi Tewas karena Mesin Pemotong Rumput – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

TRIBUNWOW.COM – Siswi bernama Nor Afini Roslan (14) asal Gemas, Negeri Sembilan, Malaysia meninggal dalam kecelakaan mengerikan. Kepalanya terbelah karena bilah besi traktor. Dilansir Grid.ID dari... Read More