HOME
Home » Tribun » Tindaklanjuti Laporan Warga Terdampak JJLS, ORI DIY Sambangi Kanwil BPN DIY – Berita Terbaru

Tindaklanjuti Laporan Warga Terdampak JJLS, ORI DIY Sambangi Kanwil BPN DIY – Berita Terbaru

Posted at April 16th, 2018 | Categorised in Tribun


TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY mendatangi Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY, guna menindaklanjuti laporan dari sejumlah warga terdampak proyek Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS), Senin (16/4/2018).

Koordinator Bidang Penyelesaian Laporan ORI DIY, Nugroho Andrianto, mengatakan bahwa warga Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, menyampaikan keberatannya terhadap proses pemberian ganti rugi, dalam proses pembebasan lahan untuk proyek JJLS.

“Kami ke sini (Kanwil BPN DIY), untuk meminta penjelasan mengenai proses yang dilakukan selama ini seperti apa, termasuk proses penyampaian hasil penilaiannya kepada masyarakat, masih pada tahapan itu,” katanya.

Oleh karenanya, Nugroho menututkan, pihaknya belum sampai pada tahap membuat kesimpulan, untuk menjustifikasi proses yang dilakukan oleh panitia pengadaan tanah.

Terlebih, tambahnya, untuk saat ini, tim masih fokus mengumpulkan informasi dan data.

Baca: Terkait Besaran Ganti Rugi, BPN DIY Persilakan Warga Terdampak JJLS Gugat ke PN

“Jadi, dari yang disampaikan hari ini, kami masih harus mengolahnya terlebih dahulu, untuk sampai pada kesimpulan akhir. Tapi, dari pihak BPN terbuka, memberi penjelasan yang detail kepada kami,” tuturnya.

Nugroho pun mengaku, belum bisa memprediksi berapa lama hasil kesimpulan tersebut bisa dikeluarkan.

Pasalnya, untuk menentukan langkah yang hendak ditempuh berikutnya, harus melalui pembahasan, atau rapat dengan anggota tim dan pimpinan ORI DIY.

“Apakah dari ini sudah cukup, atau masih perlu ke lapangan lagi, untuk melihat informasi di sana, bertemu dengan warga secara langsung,” ucapnya.

Baca: Menanggapi Laporan Warga Terkait Pengadaan Tanah JJLS, ORI DIY Masih akan Pelajari Lebih dalam

Namun, Nugroho memastikan, pihaknya akan menghentikan proses pemeriksaan, seandainya warga terdampak melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN).

Hal tersebut, menurutnya, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam UU Ombudsman.

“Kalau terkait substansi yang sama, kemudian warga mengambil langkah gugatan ke pengadilan, ya kami tidak bisa melanjutkan. UU tidak membolehkan ombudsman melanjutkan pemeriksaan, ketika substansinya sedang diperiksa di PN,” pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)



Source

Tags :

Related Post to Tindaklanjuti Laporan Warga Terdampak JJLS, ORI DIY Sambangi Kanwil BPN DIY – Berita Terbaru

Wajahnya Ramai Jadi Meme, Atlet Basket Yaoming Ternyata Punya Kekayaan Melimpah – Berita Terbaru

Posted at April 24, 2018

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Yao Ming lahir pada 12 September 1980 di Shanghai, Cina. Dia menjadi pemain basket China internasional untuk Houston Rockets dari National Basketball Association... Read More

WADUH! Podium Arena MTQ Batanghari Jadi Ajang Mabuk Tuak Para Remaja – Berita Terbaru

Posted at April 24, 2018

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN – Rabu malam, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Batanghari mengamankan empat remaja tengah pesta tuak di kawasan arena MTQ, beberapa diantaranya... Read More

Misterius, 5 Fakta di Balik Hilangnya Mahasiswi Asal Pelalawan – Berita Terbaru

Posted at April 24, 2018

TRIBUNJATENG.COM – Seorang mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Pekanbaru dikabarkan menghilang. Mahasiswi bernama Usi Mardianti alias Mona ini hilang secara misterius saat menempuh perjalanan ke Pekanbaru pada Senin (23/4/2018).... Read More

Lolos Dari Jeratan Hukum 5 Kasus Ini, ‘Kelicinan’ Setya Novanto Berakhir Di e-KTP – Berita Terbaru

Posted at April 24, 2018

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Setya Novanto akhirnya divonis 15 tahun pidana penjara dalam kasus korupsi proyek pengadaan KTP elektronik, Selasa (24/4/2018). Vonis hakim ini lebih ringan... Read More

Pengacara Bantah Abdee Negara Nikah Lagi dengan Wanita Lain, Vonis Gagal Ginjal Jadi Alasan – Berita Terbaru

Posted at April 24, 2018

POSBELITUNG.CO–Kuasa hukum Abdee Slank, Taufik Mahmud, membantah bahwa kliennya punya wanita idaman lain. “Untuk urusan perempuan lain tidak ada. Itu yang perlu saya sampaikan,”... Read More