HOME
Home » Tribun » Potensi Pajak PBB Baru Tergarap 30 Persen, Ini Kendala yang Dialami Bapenda – Berita Terbaru

Potensi Pajak PBB Baru Tergarap 30 Persen, Ini Kendala yang Dialami Bapenda – Berita Terbaru

Posted at May 10th, 2018 | Categorised in Tribun


Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru mensinyalir masih banyak wajib pajak (WP) Bumi dan Bangunan (PBB) yang belum melaporkan pajaknya.

Dari data terbaru yang dirilis Bapenda, baru 30 persen PBB yang tergarap.

Sedangkan sisanya masih melaporkan dan membayarkan pajaknya.

Tidak hanya itu, berdasarkan data tersebut setidak ada 70 persen lahan yang ada di Pekanbaru ternyata belum terdaftar PBB nya di Bapenda Kota Pekanbaru.

“Kami menghimbau kepada calon WP PBB yang belum mendaftarkan pajak PBBnya agar segara mendaftarkanya ke Bapenda Kota Pekanbaru. Supaya kita mudah dalam melakukan pendataan,” kata Plt Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Minggu (10/5/2018) pada Tribunpekanbaru.com.

Sejauh ini petugas di lapangan kerap kali menemui sejumlah kendala yang membuat WP PBB ini belum tergarap dengan maksimal.

Baca: Mantan Napi Rutan Mako Brimob Ungkap Bagaimana Cara Tersangka Kuasai Senjata

Salah satunya adalah wajib pajak PBB yang tidak berada di Kota Pekanbaru atau luar daerah.

“Makanya nanti kita akan kirimkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB nya lewat kantir Pos,” imbuhnya.

Namun untuk melacak dimana alamat pasti dari WP yang lahan di Pekanbaru namun pemiliknya tidak berada di Pekanbaru, Bapenda akan segera berkoordinasi dengan ketua RT dan RW setempat untuk melaprkan data indentitas diri dari WP tersebut.

“Ketua RT dan RW setempat diminta untuk proaktif dalam melaporkan perkembangan penyebaran SPPT PBB kepada UPT Bapenda di Kecamatan. Bagi WP yang sulit di jumpai dikarenakan yang bersangkutan tidak di Pekanbaru laporkan segera ke UPTB, langkah selanjutnya kami akan kirimkan melalui jasa kantor Pos,” tuturnya.

Baca: Institut Komputer dan Perhotelan Indonesia Gelar Acara Pembekalan Mahasiswa Baru

Pihaknya secara bertahap membagikan SPPT PBB melalui UPTB di Kecamatan. Diminta kepada seluruh kepala UPTB juga memberikan layanan terbaik guna tercapainya target PAD pajak PBB yang tahun ini jumlahnya Rp 120 Milyar.

“Dengan koordinasi sayang solid antara Bapenda dan RT RW kita bisa mengejar target untuk pencapaian PAD PBB tersebut. Selain itu kami juga meminta WP untuk segara medaftarkan PBB. Karena ini semua untuk mempercepat pembangunan infrastruktur kota di Pekanbaru yang akan kita rasakan manfaatnya bersama,” pungkasnya. (*)



Source

Tags :

Related Post to Potensi Pajak PBB Baru Tergarap 30 Persen, Ini Kendala yang Dialami Bapenda – Berita Terbaru

THR untuk PNS Tamiang Terancam – Berita Terbaru

Posted at May 28, 2018

* Pemkab Tamiang Kekurangan Anggaran KUALASIMPANG – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Aceh Tamiang mengaku kondisi keuangan Pemkab Tamiang saat ini defisit.... Read More

Disebut Mirip Kerbau Saat Hamil, Audy Item Gunakan Cara Unik untuk Membalas Nyinyiran Netizen – Berita Terbaru

Posted at May 28, 2018

TRIBUNSOLO.COM – Bentuk tubuh memang jadi perhatian utama bagi kebanyakan wanita. Tapi tidak jarang juga wanita yang tidak terlalu memperhatikan bentuk tubuhnya, asal dia sehat... Read More

3 Pilihan Cristiano Ronaldo : Paris Saint-Germain, Manchester United, Atau Real Madrid? – Berita Terbaru

Posted at May 28, 2018

SURYAMALANG.COM – Setelah final Liga Champions kelar, berita soal masa depan Cristiano Ronaldo menjadi isu paling hangat dibicarakan. Seperti ramai diberitakan sebelumnya, Cristiano Ronaldo blak-blakan membeberkan... Read More

Sapma Pemuda Pancasila Bagikan Takjil Gratis di Bulan Puasa – Berita Terbaru

Posted at May 28, 2018

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU – Ketua satuan siswa pelajar dan mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Kabupaten Kapuas Hulu, M Barry... Read More

Ketika Menantu dan Anak-anak Jokowi Berkolaborasi Membuat Kedai Rakyat. . – Berita Terbaru

Posted at May 28, 2018

TRIBUNJAMBI.COM- Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, dua putra Presiden RI Joko Widodo, serta menantu Jokowi, Bobby Nasution, berkolaborasi membuka gerai kuliner baru di... Read More