HOME
Home » Tribun » Pontianak Banjir, Walikota Terangkan Topografi Daerah dan Siapkan Bantuan – Berita Terbaru

Pontianak Banjir, Walikota Terangkan Topografi Daerah dan Siapkan Bantuan – Berita Terbaru

Posted at January 14th, 2018 | Categorised in Tribun


Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Sejak Kamis (11/1) Kota Pontianak terus diguyur hujan hingga Minggu (14/1/2018) dengan intensitas hutan sedang sampai deras tak anyal menyebabkan beberapa kawasan tergenang banjir.

Kondisi hujan ini diperparah dengan pasangnya air Sungai Kapuas dan membuat air hujan tak bisa mengalir kesungai karena ketinggian air pasang di Sungai Kapuas melebihi tingginya daratan yang ada.

Kondisi daratan Pontianak 65 persennya merupakan kawasan yang berada di bawah ketinggian air pasang maksimal.

Baca: Pendopo Gubernur Kalbar Banjir, Cornelis: Mantap Satu Hari Hujan, Banjir jir jir

Keadaan inilah yang membuat Kota Pontianak jika terjadi banjir rob saja sudah tergenang apalagi ditambah dengan hujan yang terus mengguyur selama empat hari maka kondisi semakin parah.

Baca: Hildi Hamid Berdiri Dimimbar Jadi Inspektur Upacara HUT Kalbar

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menerangkan topografi Kota Pontianak berada di 0,2 hingga 1,5 meter diatas permukaan laut, sangat rentan terjadi genangan jika hujan lebat terus menerus.

“Kondisi hujan lebat beberapa hari ini baru akan surut kalau air Sungai Kapuas surut. Saat ini ada beberapa pemukiman yang tergenang tetapi tidak mengungsi artinya belum ada rencana memberikan bantuan,” ucap Midji, Minggu (14/1/2018)

Apabila ada kondisi dimana masyarakat harus mengungsi maka Pemkot Pontianak akan siap dengan bantuan yang ada.

Baca: Banjir 1.5 Meter Rendam Desa Tanjung Nanga Mahap

Biasanya menurut Midji yang diungsikan adalah masyarakat didaerah Bentasan Siantan Hulu, tapi saat ini belum ngungsi dan masih di rumah masing-masing.

Dalam pantauan wartawan tribun dilapangan, Kantor Lurah Siantan Hulu memang telah mempersiapkan posko pengungsian dan telah mendata warganya namun dari sekitaran 30 kepala keeluaga yang didata belum ada satupun yang mendatangi posko pengungsian karena mereka masih bisa bertahan di rumahnya. Aparat kelurahan Siantan Hulu juga selalu memonitor warganya.

Beberapa kawasan di Pontianak seperti Jalan Pernama, Parit Demang, Bentasan dan lainnya memang tergenang banjir, namun kondisi ini bukanlah disebabkan drainase yang buruk, namun akibat air Sungai Kapuas yang meluap dan ditambah guyuran hujan selama beberapa hari.

“Kondisi drainase cukup baik, tapi karena permukaan air Sungai Kapuas lebih tinggi dari daratan maka terjadinya genangan. Kalau mau nilai drainase baik atau tidak lihat dulu air Sungai Kapuas, kalau air Kapuas meluap, jangan kita, air aja bingung mau ngalir kemana,” jelasnya.



Source

Tags :

Related Post to Pontianak Banjir, Walikota Terangkan Topografi Daerah dan Siapkan Bantuan – Berita Terbaru

Masyarakat Tulakadi-Belu Dapat Bekal dari Satgas Tentang Masalah Ini – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas POS KUPANG.COM, ATAMBUA—Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Kipur 1 Pos Salore memberikan sosialisasi hukum kepada masyarakat Desa Tulakadi,... Read More

Live Streaming Persib Bandung Vs Borneo FC di Indosiar, Kick Off Pukul 18.30 WIB – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

TRIBUNMANADO.CO.ID-Persib Bandung akan menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bandung lautan Api (GLBA), Sabtu (21/4/2018) dalam match day kelima Liga 1. Kedua tim sama-sama... Read More

Syahnaz dan Jeje Menikah, Netizen Malah Salfok Lihat Kelakuan Nagita dan Raffi, Sampai Segitunya – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

BANGKAPOS.COM – Kebahagiaan kini tengah dirasakan oleh pasangan Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda. Pasalnya, hari ini Sabtu, (21/4/2018) keduanya telah resmi menjadi suami istri. Akad nikah digelar pada... Read More

Susunan Pemain Persib Bandung vs Borneo FC – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Persib Bandung mengincar kemenangan kedua mereka musim ini saat menjamu Borneo FC di match day 5 Liga 1 di Stadion Gelora... Read More

Rumah Raffi Ahmad-Nagita Slavina Disebut Seram, Roy Kiyoshi Pun Ogah Masuk Ruangan Ini – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID –  Pasangan suami-istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membeberkan rumah pribadi mereka yang dibangun dengan nilai yang fantastis. Menariknya, oleh paranormal Roy Kiyoshi rumah ini... Read More