HOME
Home » Tribun » Politisi Golkar Loloskan Dana Proyek Rp 1,2 Triliun, Terima Suap Rp 12 Miliar – Berita Terbaru

Politisi Golkar Loloskan Dana Proyek Rp 1,2 Triliun, Terima Suap Rp 12 Miliar – Berita Terbaru

Posted at February 14th, 2018 | Categorised in Tribun


Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata menyatakan, pihaknya tengah mendalami dugaan pencucian uang oleh Anggota Komisi I DPR Fayakhun Andriadi.

Fayakhun sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut ( Bakamla) RI.

“Itu nanti pasti kita akan dalami. Kalau memang itu tujuannya untuk menyembunyikan harta yang diduga dari hasil korupsi itu terjadi, maka TPPU bisa kita terapkan,” kata Alex dalam jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (24/1/2018), jaksa KPK menunjukkan barang bukti berupa percakapan WhatsApp antara Fayakhun dan pengusaha dari perusahaan Rohde & Schwarz, Erwin Arif.

Bukti tersebut menunjukkan politisi Golkar itu mengarahkan agar uang sekitar 900.000 dollar AS (atau setara Rp 12,246 miliar kurs saat ini) kepadanya diserahkan melalui akun bank luar negeri.

Menurut Alex, jika melihat modus transaksinya melalui lembaga keuangan di luar negeri, ada indikasi hal tersebut merupakan upaya untuk menyembunyikan.

Dalam definisi pencucian uang, kata Alex, jika maksud mentransfer ke luar negeri dengan tujuan untuk menyembunyikan uang, maka unsur pencucian uang dapat terpenuhi.

“Rasa-rasanya kalau dilihat dari modusnya kenapa transaksi harus dilakukan melalui lembaga-lembaga di luar negeri, itu kan tentu supaya kita tidak bisa melacak, yang tujuannya adalah untuk menyembunyikan. Kalau rasanya lihat definisinya pasti terpenuhi unsur-unsur itu,” ujar Alex.

KPK sebelumnya menetapkan Fayakhun sebagai tersangka dalam kasus pengadaan satelit monitoring di Bakamla RI.

Dalam kasus ini, Fayakun diduga menerima suap berupa hadiah atau janji yang terkait dengan jabatannya.

Suap itu diduga merupakan fee atas jasa Fayakun dalam memuluskan anggaran pengadaan satelit monitoring di Bakamla pada APBN-P tahun anggaran 2016.

Menurut KPK, Fayakun diduga menerima fee sebanyak 1 persen dari total anggaran proyek Bakamla RI senilai Rp 1,2 triliun.

Fee Rp 12 miliar untuk Fayakun itu diberikan Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia Fahmi Darmawansyah melalui anak buahnya Muhammad Adami Okta. Suap untuk Fayakun diberikan secara bertahap sebanyak empat kali.

Fayakun juga diduga menerima 300.000 Dollar AS. Suap untuk Fayakun diduga diberikan atas peran yang bersangkutan memuluskan anggaran pengadaan satelit monitoring di Bakamla pada APBN-P Tahun Anggaran 2016. kompas.com



Source

Tags :

Related Post to Politisi Golkar Loloskan Dana Proyek Rp 1,2 Triliun, Terima Suap Rp 12 Miliar – Berita Terbaru

Guru SD ini Bawa Pistol Saat Mengajar. Mengaku untuk Jaga Diri dan Akhirnya Dibekuk Polisi – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

POS-KUPANG.COM|OKU TIMUR – Seorang oknum guru di salah satu Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, ditangkap polisi.... Read More

Lakukan OTT di Buton Selatan, KPK Amankan Uang Rp 400 Juta  – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

TRIBUNMANADO.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menggelar operasi tangkap tangan ( OTT) di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan, KPK... Read More

Kapal Pengangkut Harta Karun Bernilai Rp 240 Triliun Berhasil Ditemukan – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

BANGKAPOS.COM – Sekelompok ilmuwan asal AS menemukan sebuah kapal layar Spanyol yang tenggelam lebih dari 300 tahun lalu di Laut Karibia. Luar biasanya, kapal San... Read More

Begini Kata Ferdinand Sinaga Seusai PSM Makassar Dikalahkan Persib Bandung – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Persib Bandung berhasil mengalahkan PSM Makassar 3-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA),... Read More

Roy Kiyoshi Ramal Masa Depan Ayu Ting Ting Jadi Orang Ketiga dan Menikah, Tiba-tiba Raffi Begini – Berita Terbaru

Posted at May 23, 2018

TRIBUNSUMSEL.COM – Gosip tentang perselingkuhan yang terjadi antara Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad tak kunjung pudar. Selalu ada saja cerita soal Raffi Ahmad dan... Read More