HOME
Home » Tribun » Penemuan Cacing di Ikan Makarel Kalengan Disebut Sebagai Kecelakaan – Berita Terbaru

Penemuan Cacing di Ikan Makarel Kalengan Disebut Sebagai Kecelakaan – Berita Terbaru

Posted at April 1st, 2018 | Categorised in Tribun


POSBELITUNG.CO–Masyarakat dibuat resah dengan adanya cacing anisakis pada produk ikan makarel kalengan.

Ketua Asosiasi Pengalengan Ikan Indonesia Ady Surya menerangkan, 27 merek dagang produk ikan makarel yang ditarik dari peredaran, sudah melewati standarisasi ketat dan utuh.

“Kami telah melakukan semua SOP, secara ketat. Selama 30 tahun industri ini, baru kali ini terjadi, dan kami menilai ini adalah accident,” ujarnya di Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (31/3/2018).

Pakar standarisasi mutu produk Perikanan Sunarya menjelaskan, cacing anisakis yang terdapat pada ikan makarel kaleng disebabkan oleh faktor di sekeliling lingkungan hidup ikan.

“Jadi ini tidak semua (berdampak pada ikan makarel), hanya pada saat tertentu saja. Bisa saat ini memang terjadi, tapi besok atau berikutnya tidak lagi,” katanya.

Menurut Sunarya, cacing anisakis memang hidup di dalam tubuh mamalia laut, seperti paus. Cacing yang biasa ada di ikan, berenang di lautan Eropa. Pada musim tertentu, ikan itu terinfeksi cacing, hingga  saluran pencernaannya mengeluarkan telur cacing anisakis.

“Telur itu akan menjadi larva stage 1,2, dan 3. Larva ini yang dimakan, termasuk dimakan ikan makarel,” jelas Sunarya.

Cacing itu masuk ke dalam daging ikan makarel. Namun, kejadian seperti ini, ucap Sunarya, langka dan belum tentu terjadi dalam rentang waktu setahun sekali.

“Ikan kaleng yang mengandung cacing by accident. Accident alami. Memang industri harus meningkatkan quality control di bahan baku,” ucapnya.

Cacing anisakis berwarna putih. Memiliki panjang 3 milimeter dan lebar 0,24 meter. Cacing ini dianggap berbahaya jika dikonsumsi saat hidup, bisa membuat infeksi perut, dan alergi bagi penderita asma. Namun, menurut Sunarya, cacing anisakis pada ikan makarel kaleng dipastikan mati, dan tidak berbahaya jika dikonsumsi.

“Cacing akan mati pada suhu 65 derajat celcius. Menurut saya memang tidak berbahaya. Tidak ada hubungannya dengan penyakit. Bagi masyarakat agak geli, makan kok ada cacingnya,” tuturnya.

Pakar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor Prof Purwiyatno Hariyadi menambahkan, tindak pencegahan harusnya dilakukan secara bijak dengan tidak menarik semua produk ikan makarel kaleng di pasaran.

Menurut Wakil Ketua Codex Alimentarius Commission ini, penarikan cukup pada batch tertentu saja, yang diduga teridentifikasi parasit cacing.

“Setiap pengolahan ada batch (semacam nomor produksi), diketahui kapan tanggal dan masanya saat ikan tersebut diolah. Dicari saja nomornya, lalu itu yang ditarik dan ditelusuri, sehingga tidak perlu semuanya ditarik seperti ini,” sarannya. (Dennis Destryawan)



Source

Tags :

Related Post to Penemuan Cacing di Ikan Makarel Kalengan Disebut Sebagai Kecelakaan – Berita Terbaru

Hasil Moto2 GP Americas 2018 – Anak Didik Valentino Rossi Kubur Mimpi Adik Marc Marquez   – Berita Terbaru

Posted at April 22, 2018

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, AUSTIN – Mimpi Alex Marquez untuk memenangkan balapan Moto2 GP Americas 2018, Minggu (22/4/2018), berhasil dibuyarkan oleh anak didik Valentino Rossi, Francesco Bagnaia.... Read More

Ekspor Hasil Lautan dari Jateng ke Amerika di 2017 Mencapai 6.607 Ton – Berita Terbaru

Posted at April 22, 2018

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto TRIBUNJATENG.COM, BATANG – Produk hasil tangkapan dari laut di Provinsi Jateng yang luar biasa menjadikan komoditi perikanan semisal... Read More

Wakapolres Labuhan Batu Meninggal Usai Hadiri Nikahan Anak Bupati, Ibunda Kenang Komunikasi Terakhir – Berita Terbaru

Posted at April 22, 2018

TRIBUNNEWSBOGOR.COM –   Sumarni wanita paruh baya (59) Ibu kandung Kompol Andi Chandra tak kuasa menahan air mata saat menceritakan detik-detik sebelum mendapat kabar anaknya meninggal... Read More

Intip Perjuangan Panjang Ririn Dwi Ariyanti Saat Melahirkan Anak Ketiganya – Berita Terbaru

Posted at April 22, 2018

POSBELITUNG.CO–Pasangan selebiriti, Aldi Bragi dan Ririn Dwi Ariyanti baru saja mendapatkan putra ketiganya pada Minggu (15/4/2018) bernama Ramy Alfie Utomo.  Ririn Dwi Ariyanti melahirkan... Read More

Ketua Ikanas Sumut Berharap Silaturahmi Sesama Warga Mandailing Semakin Erat – Berita Terbaru

Posted at April 22, 2018

Peringatan Isra Mikraj dan Rangkaian Pelantikan Ikanas Sukses MEDAN-TRIBUN.com – Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW yang dirangkai dengan Pelantikan Ikanas Kota Medan, Wanita... Read More