HOME
Home » Tribun » NASA Pulangkan Kepingan Batu Purba Mars ke Planet Asalnya – Berita Terbaru

NASA Pulangkan Kepingan Batu Purba Mars ke Planet Asalnya – Berita Terbaru

Posted at February 15th, 2018 | Categorised in Tribun


TRIBUNJOGJA.COM – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan akan segera mengembalikan potongan batu kuno berusia jutaan tahun ke Mars.

Bukan batu biasa, itu adalah meteorit yang berasal dari Mars dan ditemukan di Oman pada 1999. Batu ini diberi nama Sayh al Uhaymir 008 dan nama julukannya SaU008.

Pulangnya meteorit tersebut ke Mars adalah bagian dari misi penjelajahan Mars 2020, robot baru milik NASA yang akan menjadi mata kita di Mars.

Setelah tiba nanti, SaU008 akan ditempatkan ke bit untuk mengkalibrasi laser presisi tinggi pada teknologi bernama SHERLOC, yang posisinya ada pada lengan robot Mars 2020.

Sherloc dirancang untuk memeriksa fitur batuan dan kimia di Mars yang sehalus rambut manusia.

Di masa lalu, NASA telah menggunakan batuan, logam, dan potongan kaca untuk membantu menyesuaikan teknologi serupa dengan lingkungan Mars.

Tapi kini ilmuwan NASA memilih untuk menggunakan sesuatu yang sudah memiliki komposisi sama seperrti planet Mars agar lebih efektif melatih Sherloc.

Diharapkan itu akan membantu Sherloc menganalisis bagaimana pesawat ruang angkasa bertahan di lingkungan Mars.

“Kami mempelajari hal ini pada skala yang begitu kecil sehingga sedikit ketidaksesuaian, yang disebabkan oleh perubahan suhu atau saat robot memasuki pasir Mars dan dapat membuat kami memperbaiki tujuan kami,” kata Luther Beegle, peneliti utama Sherloc dilansir dari Newsweek, Selasa (13/2/2018).

“Dengan mempelajari bagaimana Mars 2020 melihat target tetap, kita dapat memahami bagaimana robot itu melihat sepotong permukaan Mars,” sambungnya.

Setelah laser disesuaikan, Sherloc akan memotret batuan di Mars dan menggunakan sinar UV untuk memetakan bahan kimia di dalamnya dan mencari tanda-tanda kehidupan.

“Meteoroit semacam ini mengandung tekstur dan bahan kimia organik. Dua hal itu yang akan dijelaskan nantinya,” sambung Rohit Bhartia, rekan Beegle.

Rencana untuk mengirimkan meteoroit Mars ke tempat asalnya sudah dipikirkan dengan sangat matang oleh para ilmuwan NASA.

Ada sekitar 200 meteoroit Mars yang disimpan dan para ahli harus menentukan meteoroit mana yang dapat bertahan dalam peluncuran dan pendaratan. Kesulitan lainnya, batu meteoroit itu memiliki fitur kimia khusus untuk menguji kemampuan Sherloc. Akhirnya SaU008 yang dianggap memenuhi syarat.

“Setiap tahun kami menyediakan ratusan spesimen meteorit untuk ilmmuwan di seluruh dunia guna kepentingan ilmu pengetahuan. Ini adalah pertama kalinya bagi kami mengirim salah satu sampel kami pulang ke rumahnya untuk keperluan sains,” kata Caroline Smith, kurator utama meteorit dari Museum Sejarah Alam, London. (gloria putri/kompas.com)



Source

Tags :

Related Post to NASA Pulangkan Kepingan Batu Purba Mars ke Planet Asalnya – Berita Terbaru

Pelatih PSMS Medan Cari Tiga Pemain Pemain Lokal Berusia di Bawah 23 Tahun – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Memantapkan komposisi pemain menghadapi gelaran Liga 1, Pelatih PSMS Medan, Djajang Nurdjaman mengatakan masih... Read More

Sesi Latihan Pramusim, Maverick Vinales Kurang Puas dengan Stelan Mesin – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

TRIBUNBATAM.id – Pebalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, kapok dengan setelan terakhir yang dicobanya pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (18/2/2018).... Read More

Tak Jelas Aturan Kampanye, Kontestan Pilkada Kabupaten Madiun Belum Serahkan Bahan Kampanye – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

SURYA.co.id | MADIUN – Hingga batas akhir waktu penyerahan desain bahan kampanye (BK), pasangan Cabup dan Cawabup Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari... Read More

KPU Jakarta Selatan Seleksi Anggota PPS – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan mengadakan seleksi tertulis calon Anggota PPS Pemilu 2019 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan,... Read More

Kecelakaan Mengerikan Terjadi di Sekolah Malaysia, Seorang Siswi Tewas karena Mesin Pemotong Rumput – Berita Terbaru

Posted at February 19, 2018

TRIBUNWOW.COM – Siswi bernama Nor Afini Roslan (14) asal Gemas, Negeri Sembilan, Malaysia meninggal dalam kecelakaan mengerikan. Kepalanya terbelah karena bilah besi traktor. Dilansir Grid.ID dari... Read More