HOME
Home » Tribun » Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga – Berita Terbaru

Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga – Berita Terbaru

Posted at November 20th, 2017 | Categorised in Tribun


TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Dalam beberapa pekan terakhir, Kabupten Berau terus diguyur hujan. Curah hujan yang tinggi seperti sekarang merupakan kondisi yang ideal bagi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Karena itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Totoh Hermanto mengimbau kepada masyarakat untuk untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Dengan melakukan pembersihan saluran drainase, membersihkan sampah yang menjadi genangan air. Karena nyamuk Aedes Aegypti ini berkembangbiak dalam genangan air,” ujar Totoh.

Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan harus kerja ekstra untuk meredam penyebaran DBD. Salah satunya dengann melakukan fogging (pengasapan) di sejumlah kawasan yang dianggap rawan.

“Setiap hari kita lakukan fogging, kita turunkan seluruh pegawai kita, lokasi-lokasi yang dianggap rawan kita foging. Kondisi ini membutuhkan banyak biaya, jadi pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, sangat tepat sekali,” tegasnya.

Dijelaskannya, pengasapan hanya efektif pada nyamuk Aedes Aegypti dewasa, sementara jentik-jentik nyamuk tak terpengaruh dengan pengasapan. “Jadi tidak cukup dengan foging, harus dibarengi dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pemberian abate ke tempat-tempat penampungan air,” imbuhnya.

Totoh mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta membasmi nyamuk Aedes Aegyptidan jentik-jentiknya.

“Upaya yang kami lakukan ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari masyarakat. Harus ada kesadaran dari warga dengan menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi genangan-genangan air,” ujarnya.

Menurut dia, mengatasi kasus DBD memang sulit, terutama di musim penghujan seperti sekarang. Kondisi ini membuat nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak dengan cepat. “Sekarang memang cukup sulit diatasi karena masuk musim penghujan dan pertumbuhan jentik-jentik menjadi nyamuk itu fase-nya hanya beberapa minggu untuk menetas,” bebernya.

Saat ini ada 6 kawasan yang dianggap rawan terhadap endemic DBD, diantaranya di kawasan Jalan Durian I, Jalan Durian II dan III, kawasan Jalan Manggis, kawasan Gunung Panjang, sekitar Jalan Pulau Panjang hingga menyebar ke Gunung Tabur dan Kelurahan Rinding Teluk Bayur.

Bahkan, kasus DBD juga terjadi di sejumlah kecamatan jauh seperti di Kecamaatan Segah, Talisayan hingga Bidukbiduk. (*)



Source

Tags :

Related Post to Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga – Berita Terbaru

Polda OTT Ahmad Rifai, Agustama: Bila Terbukti Bersalah Terancam Turun Jabatan – Berita Terbaru

Posted at May 26, 2018

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN –Baru-baru ini Pihak Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumut bagian Subdit Tipikor melakukan operasi tangkap tangan... Read More

Mahathir Mohamad: Saya Mewarisi Negara yang Sudah Musnah – Berita Terbaru

Posted at May 26, 2018

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohamad mengatakan, pemerintah akan berupaya mengurangi beban utang dari RM1 triliun (sekitar Rp 3.500 triliun)... Read More

Nobar Piala Champions Sembari Menyimak Tausiah Bersama Warta Kota dan Super Ball – Berita Terbaru

Posted at May 26, 2018

WARTA KOTA, PALMERAH – Kapan lagi bisa nonton bareng final Liga Champion sembari mendekatkan diri pada Ilahi. Warta Kota dan Super Ball bersama Pocari... Read More

Live Streaming Final Liga Champions: Liverpool Vs Real Madrid Pukul 01.45 WIB di SCTV – Berita Terbaru

Posted at May 26, 2018

TRIBUNWOW.COM – Pertandingan Liverpool menghadapi Real Madrid bisa disaksikan secara langsung di SCTV atau melalui live streaming berikut ini. LINK 1 : Liverpool Vs... Read More

Jelang Umrah, Krisdayanti Tenteng Tas Mewah Seharga Rumah – Berita Terbaru

Posted at May 26, 2018

TRIBUNTRAVEL.COM – Penampilan Krisdayanti memang tak pernah sepi dari perbincangan publik. Dikenal sebagai penyanyi diva pop Indonesia, pelantun lagu ‘Cobalah Untuk Setia’ itu juga... Read More