HOME
Home » Tribun » Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga – Berita Terbaru

Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga – Berita Terbaru

Posted at November 20th, 2017 | Categorised in Tribun


TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Dalam beberapa pekan terakhir, Kabupten Berau terus diguyur hujan. Curah hujan yang tinggi seperti sekarang merupakan kondisi yang ideal bagi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Karena itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Totoh Hermanto mengimbau kepada masyarakat untuk untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Dengan melakukan pembersihan saluran drainase, membersihkan sampah yang menjadi genangan air. Karena nyamuk Aedes Aegypti ini berkembangbiak dalam genangan air,” ujar Totoh.

Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan harus kerja ekstra untuk meredam penyebaran DBD. Salah satunya dengann melakukan fogging (pengasapan) di sejumlah kawasan yang dianggap rawan.

“Setiap hari kita lakukan fogging, kita turunkan seluruh pegawai kita, lokasi-lokasi yang dianggap rawan kita foging. Kondisi ini membutuhkan banyak biaya, jadi pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, sangat tepat sekali,” tegasnya.

Dijelaskannya, pengasapan hanya efektif pada nyamuk Aedes Aegypti dewasa, sementara jentik-jentik nyamuk tak terpengaruh dengan pengasapan. “Jadi tidak cukup dengan foging, harus dibarengi dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pemberian abate ke tempat-tempat penampungan air,” imbuhnya.

Totoh mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta membasmi nyamuk Aedes Aegyptidan jentik-jentiknya.

“Upaya yang kami lakukan ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari masyarakat. Harus ada kesadaran dari warga dengan menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi genangan-genangan air,” ujarnya.

Menurut dia, mengatasi kasus DBD memang sulit, terutama di musim penghujan seperti sekarang. Kondisi ini membuat nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak dengan cepat. “Sekarang memang cukup sulit diatasi karena masuk musim penghujan dan pertumbuhan jentik-jentik menjadi nyamuk itu fase-nya hanya beberapa minggu untuk menetas,” bebernya.

Saat ini ada 6 kawasan yang dianggap rawan terhadap endemic DBD, diantaranya di kawasan Jalan Durian I, Jalan Durian II dan III, kawasan Jalan Manggis, kawasan Gunung Panjang, sekitar Jalan Pulau Panjang hingga menyebar ke Gunung Tabur dan Kelurahan Rinding Teluk Bayur.

Bahkan, kasus DBD juga terjadi di sejumlah kecamatan jauh seperti di Kecamaatan Segah, Talisayan hingga Bidukbiduk. (*)



Source

Tags :

Related Post to Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga – Berita Terbaru

Hore, Mahkamah Agung Batalkan Biaya Administrasi Pengesahan STNK – Berita Terbaru

Posted at February 22, 2018

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA – Upaya pemerintah memungut biaya pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)  kandas. Mahkamah Agung (MA) membatalkan biaya administrasi pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan... Read More

LIVE STREAMING SCTV – Sevilla vs Manchester United, Nonton Laga Pukul 02.45 WIB – Berita Terbaru

Posted at February 22, 2018

SERAMBINEWS.COM – Manchester United akan melawat ke kandang Sevilla di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (22/2/2018)... Read More

Beberapa Daerah di Denpasar Masih Dilanda Hujan, BMKG Perkirakan Terjadi Sampai Waktu Ini – Berita Terbaru

Posted at February 22, 2018

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Beberapa kawasan seputaran Kota Denpasar dan Badung diguyur hujan dengan potensi hujan sedang-lebat disertai angin kencang yang diperkirakan akan terjadi hingga... Read More

BREAKING NEWS – Tahanan Lapas Sidoarjo Tewas Bunuh Diri – Berita Terbaru

Posted at February 22, 2018

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO – Lapas kelas IIA Delta Sidoarjo mendadak heboh, Rabu (21/2/2018). Pemicunya, seorang tahanan diketahui tewas di dalam selnya. Tahanan yang tewas itu... Read More

Santai Malam di Samping Pekong Bersejarah, Sangat Rekomendet – Berita Terbaru

Posted at February 22, 2018

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG – Berkunjung ke Kota Singkawang tak lengkap bila Anda tak mencoba bersantai di kawasan... Read More