HOME
Home » Tribun » Kolaborasi Dua Kutub Perupa Masdibyo dan Gigih Wiyono – Berita Terbaru

Kolaborasi Dua Kutub Perupa Masdibyo dan Gigih Wiyono – Berita Terbaru

Posted at January 13th, 2018 | Categorised in Tribun


WARTA KOTA, PALMERAH-Dua perupa Indonesia, Masdibyo dan Gigih Wiyono berkolaborasi dalam pameran bertajuk ‘Dua Kutub’ di Galeri Nasional Indonesia (GNI), Gambir , Jakarta Pusat, 10-21 Januari 2018.

Tema pameran lukisan yang berarti dua poros bumi itu dimaknai sebagai pemikiran seniman berbeda asal, yakni Masdibyo dari Tuban, Timur dan Gigih Wiyono dari Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selain itu, mereka juga memiliki latar belakang yang berbeda, Masdibyo pendidikan IKIP Surabaya, dan Gigih Wiyono STSI Surakarta dan Pasca Sarjana ISI Yogyakarta.

Dalam pameran itu, Masdibyo menyuguhkan 30 lukisan periode 2007-2017. Sedangkan Gigih Wiyono menyajikan 23 lukisan dan sembilan patung yang dibuat pada 2013-2017.

Perbedaan latar belakang asal, studi, dan proses berkarya menjadikan Dua Kutub sebagai presentasi pameran bersama.

Masdibyo mengatakan, pesan yang ingin disampaikan mengenai kekuatan cinta, manusia dengan sesama, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhan.

“Secara sosiokultural kami sangat berbeda. Tapi, dalam pameran kali ini kami membawa pesan kekuatan cinta dan menghadirkan spirit yang membawa energi perdamaian serta kasih sayang,” kata Masdibyo saat pembukaan pameran tersebut Rabu (10/1/2018) lalu.

Pesan-pesan sosial juga ditampilkan pada karya-karya yang dibuat oleh kedua seniman berbeda latar belakang tersebut.

“Energi dua kutub memiliki arti harafiah sebagai ujung poros atau sumbu bumi. Ujung magnet yang mempunyai sifat saling menarik. Secara genetik, sumber ide penciptaan kami memang berbeda. Sehingga pendalaman subyek memiliki karekter yang cenderung berlawanan,” kata Gigih Wiyono.

Sekadar diketahui, Masdibyo sebagai perupa yang menggawangi kutub utara (Pantura, Tuban, dan pesisir Jawa Timur) yang cukup lama menggarap persoalan rakyat tentang kearifan lokal, cinta kasih, dan kelembutan.

Sedangkan Gigih Wiyono yang tumbuh berkembang di wilayah pedesaan dan pertanian sebagai penjaga kearifan lokal Kutub Selatan (Sukoharjo, Solo).

“Dalam pameran berdua ini kami melebur dalam satu tema Dua Kutub, sebagai harmonisasi yang tersublim dalam karya-karyanya. Kehadiran kami sebagai bentuk ekspresi estetis, cinta kasih dan bahkan tentang kegelisahan,” kata Gigih.



Source

Tags :

Related Post to Kolaborasi Dua Kutub Perupa Masdibyo dan Gigih Wiyono – Berita Terbaru

Masyarakat Tulakadi-Belu Dapat Bekal dari Satgas Tentang Masalah Ini – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas POS KUPANG.COM, ATAMBUA—Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Kipur 1 Pos Salore memberikan sosialisasi hukum kepada masyarakat Desa Tulakadi,... Read More

Live Streaming Persib Bandung Vs Borneo FC di Indosiar, Kick Off Pukul 18.30 WIB – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

TRIBUNMANADO.CO.ID-Persib Bandung akan menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bandung lautan Api (GLBA), Sabtu (21/4/2018) dalam match day kelima Liga 1. Kedua tim sama-sama... Read More

Syahnaz dan Jeje Menikah, Netizen Malah Salfok Lihat Kelakuan Nagita dan Raffi, Sampai Segitunya – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

BANGKAPOS.COM – Kebahagiaan kini tengah dirasakan oleh pasangan Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda. Pasalnya, hari ini Sabtu, (21/4/2018) keduanya telah resmi menjadi suami istri. Akad nikah digelar pada... Read More

Susunan Pemain Persib Bandung vs Borneo FC – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Persib Bandung mengincar kemenangan kedua mereka musim ini saat menjamu Borneo FC di match day 5 Liga 1 di Stadion Gelora... Read More

Rumah Raffi Ahmad-Nagita Slavina Disebut Seram, Roy Kiyoshi Pun Ogah Masuk Ruangan Ini – Berita Terbaru

Posted at April 21, 2018

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID –  Pasangan suami-istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membeberkan rumah pribadi mereka yang dibangun dengan nilai yang fantastis. Menariknya, oleh paranormal Roy Kiyoshi rumah ini... Read More