HOME
Home » Tribun » Debat Terbuka Kedua, Para Paslon Dinilai Belum Eskplor Soal Korupsi. Ini Penjelasannya – Berita Terbaru

Debat Terbuka Kedua, Para Paslon Dinilai Belum Eskplor Soal Korupsi. Ini Penjelasannya – Berita Terbaru

Posted at May 8th, 2018 | Categorised in Tribun


Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Para calon gubernur dan calon wakil gubernur NTT yang telah melaksanakan debat terbuka kedua di studio INewsTV Jakarta, Selasa (8/5/2018) malam.  Namun para paslon dinilai belum terlalu mengeksplor tema korupsi seperti yang ditentukan oleh KPU NTT.

Penilaian itu disampaikan oleh beberapa nara sumber dan para penonton yang hadir pada saat acara nonton bareng debat pilgub yang diselenggarakan oleh Bengkel Appek di kantornya, Selasa (8/5/2018).

Seorang narasumber Dr. Ahmad Atang, M.Si mengatakan, ia sangat menyayangkan keempat calon tidak mengeksplor tema korupsi. Para calon, kata Ahmad, hanya berbicara tentang reformasi birokrasi.

“Mereka bilang reformasi birokrasi dapat membasmi korupsi, tapi langkah konkretnya belum dieksplor. Mereka terlalu yakin dengan reformasi birokrasi, korupsi dapat dibasmi,” kata Ahmad.

Salah seorang narasumber Ana Djukana, S.H juga mengatakan demikian. Menurutnya, hanya paslon nomor dua yang membahas satu bagian kecil terkait dengan langkah konkret dalam upaya memberantas korupsi yakni dengan menanamkan sikap jujur dan tidak mengambil hak orang lain.

Direktur Appek yang juga menjadi moderator dalam diskusi dan nonton bareng tersebut, Vinsensius Bureni, S.Sos mengatakan, debat pilkada sesion dua lebih baik jika dibandingkan dengan debat sebelumnya, meskipun dalam mengekslor tema, para paslon cenderung normatif.

“Hanya paslon nomor satu dan dua lebih dominan membahas tentang korupsi. Kalau paslon nomor tiga lebih nyata dalam membahas terkait dengan upaya penegakan hukum,” kata Vinsen.

Nara sumber lainnya Bill Nope, S.H, M.H mengatakan, dalam perdebatan tersebut para paslon sepertinya membahas dua topik. Kedua topik itu, kata Bill, adalah reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi.

Salah seorang penonton Emanuel Erison Sera mengatakan, debat yang dilakukan oleh para paslon belum sesuai dengan harapannya karena para paslon belum menyinggung soal korupsi.

“Mereka (paslon) masih pada pembahasan soal reformasi birokrasi agar bersih dan jual beli jabatan,” kata Erison yang masih berstatus sebagai mahasiswa ini.

Erison mengharapkan, untuk lebih meyakinkan masyarakat, para paslon harus lebih fokus pada tema yang ditentukan oleh KPU NTT sehingga tidak terkesan bias.

Wakil Direktur Appek Tarsianus mengatakan, semoga apa yang ditonton menjadi referensi bagi para pemilih dalam menentukan pilihannya.

“Semoga pada debat ketiga nanti kita semua dapat kembali di sini untuk nonton bareng lagi,” kata Tarsianus. (*)



Source

Tags :

Related Post to Debat Terbuka Kedua, Para Paslon Dinilai Belum Eskplor Soal Korupsi. Ini Penjelasannya – Berita Terbaru

Namanya Masuk Daftar 200 Mubalig Kemenag, Aa Gym Justru Mengaku Hatinya Gundah. Kenapa? – Berita Terbaru

Posted at May 21, 2018

TRIBUNBATAM.ID – Nama KH Abdullan Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym masuk daftar 200 mubalig yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag). Apa yang dirasakan Aa Gym mendapati namanya ada... Read More

Aurel Tercyduk Video Call sama Pria Tampan Ini, Benarkah Sudah ‘Move On’ dari para Mantan? – Berita Terbaru

Posted at May 21, 2018

SURYA.CO.ID –  Titania Aurelie Hermansyah atau dipanggil Aurel atau Lolly (20) adalah anak dari musisi Anang Hermansyah yang kini anggota DPR RI dari Fraksi PAN,... Read More

BERITA FOTO: Syafruddin Arsyad Temenggung Jalani Sidang Eksepsi SKL BLBI – Berita Terbaru

Posted at May 21, 2018

Terdakwa kasus korupsi pemberian Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Syafruddin Arsyad Temenggung saat menjalani sidang pembacaan eksepsi atau nota keberatan... Read More

Tambah Besar, Anak Dahlia Poland Sudah Berikan Penolakan saat Dipotret, Lucunya – Berita Terbaru

Posted at May 21, 2018

TRIBUNWOW.COM – Dahlia Poland ceritakan pengalamannya sebagai seorang ibu muda. Diketahui, Dahlia telah menikah dengan Fandy Christian sejak 24 November 2015 yang lalu. Dari... Read More

7 Bahan Makanan yang Harganya Sangat Mahal, Nomor 6 Diproduksi di Indonesia – Berita Terbaru

Posted at May 21, 2018

TRIBUNTRAVEL.COM – Apa bahan makanan yang paling mahal yang kamu tahu?  Ternyata ada beberapa bahan makanan memiliki harga yang fantastis di luar sana.  Bahan... Read More