HOME
Home » Tribun » Batasi Kampanye Paslon, Hengki: Pilkada 2018 Kurang Meriah – Berita Terbaru

Batasi Kampanye Paslon, Hengki: Pilkada 2018 Kurang Meriah – Berita Terbaru

Posted at April 15th, 2018 | Categorised in Tribun

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Ketua Himapol FISIP Untan, Hengki Hayatullah menilai pesta demokrasi tepatnya Pilgub Kalbar 2018.

“Gelaran pesta demokrasi di kalbar terkesan kurang meriah. ini karena aturan KPU yang membatasi kampanye paslon. yakni peraturan KPU No. 4 tahun 2017 tentang kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota,” katanya, Minggu (15/04/2018)

(Baca: Pelajar Tewas Terserempet Truk, Kondisinya Bikin Merinding )

Menurutnya, dalam peraturan tersebut terlalu banyak larangan, sehingga masyakat menjadi takut padahal rakyat itu punya hak memilih dan dipilih.

“Pilkada tahun ini tidak semeriah pesta demokrasi tahun-tahun sebelumnya, saya prihatin akan ada dampak pada pembangunan politik, salah satunya dipastikan kurang berkualitas,” tuturnya.

Selama ini, kata dia, masyarakat menilai kemeriahan pesta demokrasi atau pilkada adalah dengan alat peraga kampanye (APK) sementara paslon dibatasi dalam membuat APK tersebut ini berdampak pada partisipasi pemilih menjadi rendah.

(Baca: Patroli ke Pasar, Anggota Polsek Menyuke Sampaikan Ini )

Selain itu, menurutnya jumlah pemilih kalbar menurun atau DPS yang sekarang dibandingkan DPT Pilpres tahun 2014. kurang lebih sebanyak 116.173 orang yang mengalami pengurangan.

Walaupun memang, Hengki mengatakan hal itu mungkin dikarenakan masih banyak pemilih potensial yang belum memiliki E-KTP yang sayangnya belum dipastikan menjadi DPT.

“Pihak KPU terkesan kurang menggalakan sosialisasi kepada masyarakat, dan juga mendorong masyarakat agar mau melakukan perekaman E-KTP,” bebernya.

Ia pun mengatakan diperkukan peran partai politik untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat 

“Yang saya lihat selama ini pilkada hanya milik paslon. sementara parpol tidak banyak bergerak, yang bergerak itu hanya paslon parpol menjadi pendukung saja,” katanya. 

tribunpontianak
instagram.com/tribunpontianak




Source

Tags :

Related Post to Batasi Kampanye Paslon, Hengki: Pilkada 2018 Kurang Meriah – Berita Terbaru

Bukan Pertama Kali, 2 Bocah Ini Sudah 3 Kali Curi Uang Nasabah di ATM, Begini Modusnya – Berita Terbaru

Posted at April 27, 2018

TRIBUNPEKANBARU.COM, MAKASSAR – Kasus pencurian uang nasabah dengan pelaku anak-anak di sebuah ATM di Kota Makassar akhirnya terungkap. Tim Khusus Polsekta Tamalanrea yang melakukan... Read More

Viral Video Dua Anak Ganggu Ibu-ibu di ATM, Lalu Curi Uangnya – Berita Terbaru

Posted at April 27, 2018

SERAMBINEWS.COM – Video mengenai dua anak sedang mengambil uang nasabah bank yang melakukan penarikan tunai di ATM di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan... Read More

Terus Perluas Penetrasi Layanan Data Jaringan Data XL Axiata Berbagai Wilayah Indonesia – Berita Terbaru

Posted at April 27, 2018

TRIBUN-BALI.COM, TANJUNGPINANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jaringan data berkualitas 3G dan 4G LTE ke berbagai pelosok Tanah Air. Hingga... Read More

Setelah Viral di Medsos, 2 Bocah Perempuan Pencuri Uang di ATM BRI ini Ditangkap Polisi Makassar – Berita Terbaru

Posted at April 27, 2018

TRIBUNSOLO.COM, MAKASSAR  – Tayangan video kasus dugaan pencurian uang nasabah oleh dua anak-anak perempuan di sebuah ATM di Kota Makassar, sempat viral. Kasus itu akhirnya... Read More

Dijatah Dipo Latief Rp 400 Juta Per Bulan, Nikita Mirzani : Cewek Harus Matre, Kalo Gak Matre Bego – Berita Terbaru

Posted at April 27, 2018

SURYAMALANG.COM – Nikita Mirzani lahir di Jakarta, Indonesia, 17 Maret 1986. Nikita Mirzani merupakan aktris dan model serta television personality berkebangsaan Indonesia. Dia pertama kali bermain film sebagai figuran dalam Lihat Boleh, Pegang Jangan.... Read More