HOME
Home » Tribun » Aksi Kamisan Makassar: Kebebasan Berekspresi Terancam di Unhas – Berita Terbaru

Aksi Kamisan Makassar: Kebebasan Berekspresi Terancam di Unhas – Berita Terbaru

Posted at February 8th, 2018 | Categorised in Tribun

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Aksi Kamisan Makassar menyatakan kebebasan berekpresi dan berpendapat di Universitas Hasanuddin (Unhas) dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Makassar dalam kondisi lampu kuning.

Penegasan itu disampaikan puluhan aktivis yang tergabung dalam Aksi Kamisan Makassar saat unjukrasa di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Kamis (8/2/2018) sore.

“Aksi yang kami gelar ini sebagai wujud prihatin atas nasib yang menimpa beberapa mahasiswa dan dosen kritis di beberapa kampus di Sulsel yang dibungkam dengan beragam wujud: skorsing, drop out hingga menjadi tersangka di kepolisian,” tegas korlap aksi Humaerah dari Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekpresi (KPJKB).

Nasib yang menimpa Rezki Ameliyah dan Mohammad Nur Fiqri adalah contoh orang kritis yang dibungkam.

Hanya gegara menempel poster-poster berisi pesan ‘Kampus Rasa Pabrik’, dua mahasiswa Prodi Hubungan Internasional FISIP Universitas Hasanuddin (Unhas) ini masing-masing diskorsing setahun.

Padahal, mengutip rilis yang dibagikan Aksi Kamisan Makassar ke media, apa yang dilakukan kedua aktivis tersebut adalah bentuk protes terhadap apa yang terjadi di almamaternya sekarang ini.

Aksi Kamisan Makassar ke-10
Aksi Kamisan Makassar ke-10 (Dokumen Aksi Kamisan Makassar)

Keduanya menilai kampusnya telah berasa kapitalis karena terkesan sebagai pabrik tenaga kerja.

Pun sanksi yang dijatuhkan ke Amelia dan Fiqri diputuskan tanpa didahului surat teguran sebelum skorsing setahun sebagaimana prosedur penetapan sanksi.

Sebelumnya, pembungkaman suara kritis juga menimpa beberapa mahasiswa Universitas Islam Makassar (UIM) beberapa waktu lalu.

Gegara demo dan mempertanyakan legalitas Rektor UIM karena menjabat rektor hingga tiga periode, tiga mahasiswa di kampus tersebut dipecat (drop out).



Source

Tags :

Related Post to Aksi Kamisan Makassar: Kebebasan Berekspresi Terancam di Unhas – Berita Terbaru

Motor Bertabrakan dengan Truk di Jalan Raya OKU Selatan, Sang Pengendara Dikabarkan Tewas – Berita Terbaru

Posted at April 26, 2018

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah TRIBUNSUMSEL.COM, MUARADUA – Kecelakaan maut terjadi di Desa Gunung Terang Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA) OKU Selatan, yang menewaskan satu... Read More

PT Astra International Gelontorkan Dana Ekspansi Rp 29 Triliun, Ini Peruntukannya – Berita Terbaru

Posted at April 26, 2018

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Tahun 2018 ini merupakan tahun ekspansi bagi PT Astra International Tbk (ASII). Perusahaan itu menyiapkan belanja modal (capex) senilai Rp 29 triliun.... Read More

Hanya 7 Calon DPD RI yang Mengantongi Tanda Terima pada Kamis Siang – Berita Terbaru

Posted at April 26, 2018

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY mencatat dua nama calon anggota DPD RI yang memiliki dukungan... Read More

Pemimpin Tarekat Khalwatiyah Maros Meninggal, IYL: Kita Turut Kehilangan – Berita Terbaru

Posted at April 26, 2018

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Kandidat Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo ikut berduka untuk Zainuddin Assagaf Puang Raga, Pemimpin Tarekat Khalwatiyah... Read More

Republik Ceko Membuka Konsul Kehormatan di Yerusalem – Berita Terbaru

Posted at April 26, 2018

YERUSALEM– Republik Ceko mengumumkan pembukaan kembali konsul kehormatan di Yerusalem Barat. Pernyataan itu berlawanan dengan keinginan Presiden Milos Zeman untuk memindakan kedutaan Ceko dari... Read More